VISI MISI KEMAHASISWAAN

Layanan kemahasiswaan

Layanan kemahasiswaan yang disediakan oleh Perguruan tinggi untuk seluruh mahasiswa dalam bentuk (1) pembinaan dan pengembangan minat dan bakat, (2) peningkatan kesejahteraan, serta (3) penyuluhan karier dan bimbingan kewirausahaan. Setiap mahasiswa dapat mengakses layanan tersebut sesuai dengan kebutuhan serta keminatan, setiap  aktivitas bidang kemahasiswaan terpublikasi dalam fitur web stifera dan juga media sosial BEM. Mutu Layanan terkendali dan terkontrol dalam dokumen Laporan pertanggungjawaban kegiatan dan keuangan dari tiap-tiap Kegiatan layanan ke bidang Kemahasiswaan.

  • Layanan bimbingan akademik

Setiap mahasiswa memiliki pembimbing akademik. Mahasiswa melakukan bimbingan akademik minimal 3 kali dalam satu semester, yaitu pada awal semester, sebelum ujian tengah semester, sebelum ujian akhir semester. Bimbingan akademik oleh STIFERA diberikan berdasarkan pedoman. Pedoman akademik disusun oleh STIFERA yang diterbitkan setiap tahun. Pedoman akademik pada tahun akademi ditetapkan oleh SK Ketua STIFERA tentang Pedoman Bimbingan Akademik Tahun Akademik 2020/2021. Dokumentasi layanan bimbingan akademik terarsip dalam Dosen Wali masing-masing mahasiswa.

  • Bimbingan dan Konseling

Program studi DIII & S1 Farmasi memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada mahasiswa. Layanan Bimbingan dan konseling terkait masalah akademik dan non akademik. Layanan Bimbingan dan Konseling dilakukan sesuai pedoman bimbingan konseling yang ditetapkan dalam kebijakan nomor SMPI/SO/PD3/004/2020. Prosedur layanan bimbingan dan Konseling sebagai berikut: Mahasiswa yang memiliki permasalahan berkonsultasi dengan pembimbing akademik, jika permasalahan tersebut tidak teratasi maka dikonsultasikan dengan konselor. Mahasiswa yang melakukan layanan bimbingan dan konseling tercatat dalam Buku Pencatatan Bimbingan Konseling Mahasiswa.

  • Layanan Minat dan Bakat

STIFERA memberikan kesempatan pengembangan minat dan bakat mahasiswa melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP). BEM dan HMP menjadi sarana mahasiswa untuk belajar berorganisasi dengan mengkoordinir beberapa kegiatan mahasiswa yang dilaksanakan secara periodik sesuai dengan program kerja yang telah ditetapkan. STIFERA juga memberikan layanana pengembangan minat dan bakat dengan membentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). UKM yang terdapat di STIFERA terdiri dari UKM bidang olahraga (UKM Futsal, UKM Volley, UKM Basket, UKM badminton), UKM bidang kesenian (UKM Paduan suara, UKM Seni Tari), UKM bidang kerohanian (UKM Persekutuan Mahasiswa Kristen/Katolik, UKM Rohani Islam), UKM bidang penalaran (UKM PKM (Progam kreativitas mahasiswa)), UKM Komputer dan Desain Grafis,  dan UKM bidang khusus (UKM UBM (Unit Bisnis Mahasiswa)). Progres dan Laporan pertanggungjawaban setiap UKM terlapor dalam sistem Kemahasiswaan STIFERA.

  • Layanan bidang penalaran

Layanan bidang penalaran meliputi: a) Pengenalan Program Studi Mahasiswa pada saat orientasi mahasiswa baru di STIFERA. b) Mahasiswa diwajibkan mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM). Kegiatan LDKM bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan bekerja sama, kepemimpinan dan lain sebaagainya. c) STIFERA mengadakan seminar dengan mengundang wirausahawan sukses, baik alumni ataupun pihak eksternal. Seminar ini bertujuan untuk memotivasi mahasiswa belajar wirausaha. d) STIFERA juga telah melaksanakan pembinaan soft skills kepada mahasiswa seperti AMT (Achievement Motivation Traning), Pelatihan Public Speaking, Leadership Traning, Pelatihan membuat lamaran pekerjaan, pelatihan wawancara kerja, dan pelatihan penalaran ilmiah. Program pelatihan yang dilakukan untuk peningkatan soffskill bidang penalaran terdokumentasi Laporan pertanggungjawannya pada Sistem Kemahasiswaan.

  • Layanan Beasiswa

Disediakan berbagai macam beasiswa bagi mahasiswa yang berasal dari Anggaran Belanja bidang kemahasiswaan Beasiswa untuk Calon Mahasiswa dan Mahasiswa Aktif. Beasiswa calon mahasiswa terdiri dari beasiswa full pembiayaan akademik selama bersumber dari dana Yayasan yang telah dianggarkan di APB, beasiswa Putra dari Timor, Papua dan Kalimantan, Beasiswa tidak mampu dan prestasi akademik/ non akademik. Beasiswa bagi mahasiswa yang aktif kuliah yang diberikan diantaranya beasiswa mahasiswa berprestasi dan beasiswa gakin. Beasiswa dari berbagai Yayasan Amal/Sosial juga diberikan di STIFERA seperti Kalbe Farma dan Peduli Foundation. Daftar Penerima Beasiswa dipublikasikan melalui media social dan web stifera.

  • Layanan Kesehatan

Layanan Kesehatan di STIFERA  meliputi:

  1. Pemeriksaan Kesehatan Periodik

Layanan Kesehatan Periodik di STIFERA terdiri dari pemeriksaan kesehatan setiap 6 (enam) bulan sekali dilakukan oleh Klinik yang bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Nusaputera untuk memfasilitasi mahasiswa yang mengalami keluhan sakit ringan dan dapat diobati sehingga tidak mengganggu aktivitas perkuliahan mahasiswa.

  1. Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan untuk mahasiswa sebagai fasilitas yang diberikan untuk mahasiswa yang sakit/ kecelakaan hingga menginap di rumah sakit akan mendapatkan bantuan pembiayaan oleh Pihak Asuransi Swasta yang  bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Nusaputera.

Monitoring dan Evaluasi bidang penalaran, minat, bakat, kesehatan, beasiswa, bimbingan dan konseling di STIFERA dilaksanakan oleh Puket II setiap akhir tahun anggaran. Monev dilaksanakan bekerjasama dengan BEM STIFERA. Hasil monev dilaporkan ke Ketua STIFERA dan LPM. Kemudian hasil monev ditindak lanjuti dengan melengkapi sarana, prasana dan pendanaan yang dibutuhkan mahasiswa untuk pelaksanaan kegiatan.

Audit Internal terhadap system seleksi mahasiswa dan layanan mahasiswa di STIFERA dilakukan secara terstruktur dan rutin. Audit Internal dilakukan oleh auditor internal dalam kegiatan AMI. Hal yang diaudit meliputi; a. ketersediaan pedoman, b. ketersediaan SOP, c. Pencapaian taget jumlah pendaftar, d. Pencapaian terget layanan mahasiswa (layanan bimbingan akademik, layanan bimbingan dan konseling, layanan minat dan bakat,  layanan bidang penalaran, layanan beasiswa dan layanan kesehatan)

  1. Indikator Kinerja Tambahan

Indikator kinerja tambahan pada STIFERA adalah indikator kemahasiswaan yang ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi untuk melampaui SN DIKTI. Data indikator kinerja tambahan yang sahih harus diukur, dimonitor, dikaji dan dianalisis untuk perbaikan berkelanjutan.

Indikator Kinerja tambahan terkait layanan kemahasiswaan di STIFERA antara lain:

  1. Kegiatan Magang mahasiswa bersertifikat
  2. Kegiatan Program Penguatan Ketrampilan Sistem Informasi yang difasilitasi dan didanai oleh STIFERA bekerjasama dengan instansi lainnya.
  3. Kegiatan Program Kreativitas Mahahasiswa (PKM) yang didanai oleh
  4. Kegiatan Enterpreuner Mahasiswa yang fasilitasi oleh market place
  5. Informasi dan bimbingan karir melalui bidang Career Center mulai dari pelatihan softskiil melamar pekerjaan hingga pemberian informasi lahan kerja dari Dudika yang telah dijalin Kerjasama.
Scroll to Top